Syarat Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan – Daffa Aqiqah Solo dan Sekitarnya

Syarat Aqiqah anak laki-laki dan perempuan Apa Saja? ini sering menjadi pertanyaan banyak dari orang tua yang akan melaksanakan Aqiqah untuk anak mereka. Nah, Jika Anda salah satu yang masih bingung syarat ketentuan Aqiqah untuk Anak laki-laki dan perempuan, silahkan disimak penjelasan berikut ini :

kambing qurban solo P08

 

Dalam hadist Sahih yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad berbicara mengenai waktu pelaksanaan Aqiqah untuk anak atau bayi yang baru lahir yaitu sebagai berikut :

Dari Samurah bin Jundub dia berkata : Rasulullah SAW. bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (Kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad].

Kemudian hadist lainnya tentang syarat Aqiqah baik anak laki-laki maupun aqiqah perempuan adalah

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah ber aqiqah untuk Hasan dan Husain pada hari ke-7 dari kelahirannya, beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan dari kotoran dari kepalanya (dicukur).“

[HR. Hakim, dalam Al-Mustadrak Juz 4, Hal. 264]

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata: Rasulullah bersabda: “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing“.[HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]

Dari hadist-hadist diatas untuk penyembelihan kambing berkaitan dengan kelahiran anak atau Aqiqah sesuai dengan hadist tersebut disyariatkan untuk dilakukan pada hari ketujuh kelahiran anak.

Untuk hukum aqiqah untuk orang tua yang baru melahirkan anaknya adalah sunnah muakad, tapi walaupun begitu syarat dan ketentuan aqiqah menjadi hal yang sangat penting dalam syariat.

Syarat dan ketentuan kambing Aqiqah

Jumlah kambing dan jenis kelamin Jantan/Betina

Untuk jumlah kambing sudah sangat jelas bahwa untuk anak laki-laki berjumlah 2 ekor dan Anak perempuan 1 ekor kambing. Dan untuk masalah jenis kelamin kambing tidak dipermasalahkan betina atau jantan. Seperti dikutip dari
konsultasisyariah. com dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syekh Al-Albany.

“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” [HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany]

Syarat Pemotongan Rambut Bayi dan Pemberian Nama

Mencukur rambut bayi sesuai dengan sunnah dapat dilakukan di hari ketujuh setelah kelahiran bayi. Hal ini berdasarkan hadis berikut ini :

“Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih di hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur kepalanya.” [HR. Nasa’i 4149, Abu Daud 2837, Tirmidzi 1522, dan dishahihkan Al-Albani].

Syarat Ketentuan Pembagian Daging Aqiqah

Pembagian Daging Aqiqah berbeda dengan pembagian daging Kurban yang biasanya dibagikan dalam keadaan  mentah. Sebaliknya untuk untuk daging Aqiqah dibagikan dalam kondisi telah dimasak dan matang. Masakan isa dibagikan untuk fakir miskin, kerabat, sanak saudara, dan tetangga atau yang lainnya. Menurut ulama jumlah maksimal daging yang bisa diambil.

Itulah syarat ketentuan Aqiqah anak laki-laki dan perempuan. Mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Cari Layanan Aqiqah Solo raya dan sekitarnya yaitu Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Solo, Sukoharjo silahkan ke Daffa Aqiqah (DaffaFarm.net)  atau hubungi kami melalui WA 082243336603.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *